You Are Reading

0

Tips Menyimpan dan Merawat Lensa dan Kamera Supaya Awet

Unknown Friday, July 8, 2016 ,
lagi ketika musim hujan angka itu akan bertambah naik. Menyimpan kamera dan juga lensa dalam waktu lama ketika tidak dipakai membutuhkan strategi dan juga penyimpanan khusus untuk bisa memerangi kelembaban.
Tips Menyimpan Lensa dan Kamera
Kenapa Kelembaban Yang Tinggi Buruk Untuk Kamera dan Juga Lensa?

Kelembapan yang tinggi dan juga terus- menerus dapat merusak komponen elektronis dan sensor kamera, sementara jamur dapat tumbuh dan juga berkembang di optik lensa. Sekali jamur tumbuh, maka kualitas optik dapat terpengaruh dan kita harus repot untuk bisa membersihkannya. Kalau jamurnya sudah menempel di permukaan luar maka masih gampang, kalau tumbuhnya sudah di dalam elemen lensa yang ada di bagian dalam kita akan sangat kerepotan untuk membersihkannya, biaya membersihkan lensa antara Rp 250 ribu sampai dengan Rp. 750 ribu, tergantung kesulitan dan juga tempat servisnya.

kenapa Kelembapan Yang Terlalu Rendah Juga Tidak Bagus?

Kamera dan lensa mempunyai komponen mekanis yang harus bergerak dengan lancar, tahukah anda di dalam lensa ataupun kamera juga dikasih oli agar gerakan mekanis lancar dan juga tidak seret? Nah kalau anda sering menempatkan kamera dan juga lensa di area yang sangat kering maka akan beresiko fungsi mekanis dapat terganggu.

Berapakah Angka Kelembapan Ideal?

Angka sekitar 40 sampai dengan 50 % RH (relative humidity atau kelembapan relatif) adalah ideal untuk kamera dan lensa menurut berbagai macam artikel. Aturan paling aman adalah cek di bagian manual lensa dan kamera anda, tinggal cari kata-kata ideal untuk operating range, kemudian cek rentang kelembapan yang disarankan. Untuk penyimpanan jangka panjang, angka tadi bisa dibagi dengan angka dua. Contohnya, angka operating humidity yang ideal untuk Canon 5D Mark II adalah 85 %. Maka penyimpanan yang ideal adalah 35 sampai 45%.

Beberapa Cara Penyimpanan Yang Terbaik

Berikut adalah beberapa cara penyimpanan yang dapat anda lakukan untuk bisa menjaga kondisi lensa dan kamera supaya tetap optimal dan prima;

•    Belilah Dry Cabinet atau Dry Box Yang Khusus, dry cabinet adalah lemari yang khusus dirancang untuk menyimpan barang-barang elektronik. Anda dapat membelinya di toko kamera ataupun toko alat rumah tangga yang besar. Harga dry cabinet yang paling murah adalah sekitar Rp. 1 Juta.

•    Silica Gel dan Kotak Yang Kedap Udara, Untuk alternatif murah anda dapat menggunakan kotak kedap udara yang biasa dipakai menyimpan dan juga menaruh beberapa kantong silica gel. Anda juga dapat membeli silica gel khusus yang dilengkapi dengan indikator warna untuk mengetahui kandungan air yang ada dalam gel. Harga kotak silica gel berkisar sekitar Rp 200 ribu.

•    Saya sarankan untuk tidak membeli kotak penyimpanan kamera yang sudah dilengkapi elemen pemanas, resiko elemen akan menjadi terlalu panas agak cukup besar.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2016 KAMERA